Kegiatan Magang Minggu Pertama

 

Halo apa kabar? Semoga sehat selalu ya.

 

By the way kalian tahu nggak sih apa itu istilah magang di kampus? Nah betul ... magang adalah suatu program belajar sekaligus berlatih bekerja dengan cara langsung pada sebuah perusahaan selama beberapa waktu. Dan perusahaan yang menerima karyawan magang berhak memberi tugas dan wajib memberi bimbingan selama program.

Nah maka dari itu saya akan berbagi pengalaman magang di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY yang sudah berlangsung selama seminggu yang dimulai tanggal 9 Januari 2023 kemarin. 

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan mempunyai tugas membantu Gubernur melaksanakan urusan pemerintahan menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi di bidang pertanian dan pangan serta tugas pembantuan.

Di hari pertama magang tentu saja saya dan partner magang saya melakukan perkenalan  telebih dahulu, lalu diajak berkeliling guna memperkenalkan area kerja supaya cepat untuk beradaptai nantinya. Setelah selesai masa pengenalan, selanjutnya kami ditempatkan di sekretariat/arsip yang berada di ruang depo arsip, dan juga dijelaskan bagaimana job desk atau pekerjaan yang akan saya dan partner saya lakukan.

Di hari-hari yang selanjutnya kami sudah memulai aktivitas job desk magang, pekerjaan yang dilakukan yaitu mengarsipkan data dalam bentuk file, mengarsipkan data RAB perubahan dalam bentuk paper, mendampingi dan membantu karyawan saat perjalanan dinas, dan membuat laporan hasil perjalanan dinas. Untuk sementara itu semua pekerjaan yang kami lakukan dalam seminggu pertama magang kami.

Tahukah kalian? Beberapa fun fact yang ada dalam magang ini adalah kerjasama antara karyawan satu dengan karyawan yang lain dan bagian satu dengan yang lain sangatlah erat sekali. Dan kebiasaan yang sangat baik di lingkungan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY adalah apel setiap Senin pagi dan senam Jumat pagi walaupun itu hal yang sederhana tetapi hal tersebut juga dapat meningkatkan kedisiplinan dalam bekerja dan ketepatan waktu untuk bekerja.

Disana banyak sekali bagian yang menangani pelayanan langsung masyarakat, karena merupakan salah satu kewenangan, tugas pokok dan fungsi Dinas Pertanian Ketahanan Pangan DIY. Tidak hanya melalui pertanian, sektor perikanan dan peternakan juga berpeluang dalam membangun ketahanan pangan. Program-program peningkatan kesejahteraan petani, nelayan dan peternak terus dijalankan berupa bantuan alat pertanian, bibit tanaman, benih ikan, pupuk bersubsidi serta pelatihan-pelatihan dan sosialisasi. Hal ini guna mendorong motivasi masyarakat Yogyakarta untuk membangun kemandirian pangan sehingga bisa menjadi solusi untuk menghindari terjadinya krisis pangan.

 


 

Naik Gunung turun gunung

Di tengah jalan ketemu nyonya

Terimakasih sudah berkunjung

Sampai jumpa dipostingan berikutnya

 

See u next week kawan!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Magang Minggu Keenam

Kegiatan Magang Minggu Kedua